Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

OOP / JAVA / #1 Pengenalan Java

OOP / Object Oriented Programming JAVA atau dalam Bahasa Indonesia Pemograman Berorientasi Objek .
OOP yang kita bahasa kali ini adalah OOP dalam JAVA. Dimana OOP ini dipelajari dikalangan SMK ataupun di dalam Universitas. 

Sebelum kita masuk lebih dalam ada baiknya kita mengetahui dahulu

Apa sih Java?

Java adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan Perusahaan bernama Sun Microsystems dan dibuat oleh sekelompok orang yaitu James Gosling, Mike Sheridan, dan Patrick Naughaton. Sintaks Java mirip seperti C/C++, karena Java banyak terinspirasi dari keuda bahasa ini. Java dirancang untuk tujuan umum (general-purpose) dan sepenuhnya menganut paradigma OOP (Object Oriented Programming). OOP adalah paradigma pemrograman yang berbasis pada objek. Setiap kita membuat program, maka wajib hukumnya membuat objek terlebih dahulu.

Sejarah Java ditemukan ?

Awal mula dari tahun 1991 sebuah Perusahaan yang bernama Sun Microsystems ingin mengembangkan sebuah project teknologi yang disebut Smart-Apliance awalnya Sun Microsystems meminta kepada James Gosling, Mike Sheridan, dan Patrick Naughaton untuk membuat peroject teknologi tersebut menggunakan bahasa C/C++ lalu dari salah satu mereka mengatakan bahwasannya terlalu rumit pada API tersebut, Kenapa tidak membuatkan bahasa baru saja? Mungkin peralatan ini arsitekturnya berbeda, Lalu Pratricj Naughaton berkata : Kita buat Bahasa Baru bagaimana?.
Lalu Sun Microsystems membuatkan suatu project yang bernama Stealth Project, dan akhirnya mereka setuju dengan pendapat Sun Microsystems, Berjalan lah project tersebut dan berganti nama menjadi Green Project? ( yang ini gak tau alasannya kenapa ), Green Project berjalan sampai tahun 1992 dan Berhasil membuat 1 buah bahasa yang lebih Flexible dari pada C/C++. 
Kemudian mereka Implementasikan menjadi Website, Set Top Box Televisi, Browser, Berjalanlah mereka sampai 1994 dan mereka harus merilis bahasa ini agara orang lain bisa mendevelop menggunakan bahasa yang mereka ciptakan.
Awal mula mereka mencetuskan penamaan yaitu diberikan nama GREEN tetapi dari penamaan itu sama sekali tidak berhubungan dengan program, maka mereka menggantinya menjadi OAK sayangnya OAK adalah milik dari suatu perusahaan terknal yang disebut OAK TECHNOLOGY INC, akhirnya James Gosling terinspirasi KOPI DARI JAWA yang diminumnya, Nah oleh sebab itulah kenapa dinamakan JAVA dan berlogo secangkir kopi panas.
Kemudian dengan berjalannya waktu pada tahun 2009 Java dibeli oleh Perusahaan Oracle, nah itu tadi ringkasan perjalanan sejarah JAVA ditemukan.

Karakteristik Bahasa Java

Karakteristik Java adalah sebagai berikut :
1. Berorientrasi Objek, Java telah menerapkan konsep pemograman berorientasi objek yang sangat modern dalam pengimplementasiannya.
2. Robust, java mendorong pemograman yang bebas dari kesalahan - kesalahan dengan bersifat strongly typed dan memiliki run-time cheking.
3. Portable, Program Java dapat dieksekusi di platform  mana saja selama tersedianya  Java Virtual Machine di platform tersebut.
4. Multithreading, Java mendukung penggunaan multithreading yang telah terintegrasi langsung dalam bahasa Java.
5. Dinamis, Program Java dapat melakukan suatu tindakan yang ditentukan pada saat eksekusi program dan bukan pada saat meng-compile.
6. Sederhana, Java menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti.
7. Terdistribusi, Java didesain untuk berjalan pada lingkungan yang terdistribusi seperti halnya yang kita pakai saat ini adalah internet.
8. Aman, Java memiliki arsitektur yang kokoh dan pemograman yang aman.

Demikian penjelasan dari apa itu java, sejarah singkat java, dan karakteristik dari bahasa Java sendiri, materi ini adalah sekaligus materi yang pertama kali Quest Komputer Publish, jika ada pertanyaan atau diskusi silahkan tinggalkan komentarnya dibawah yah.

Lanjut ke halaman berikutnya yuk.





Rio Widyatmoko
Rio Widyatmoko Desainer Grafis, Trainer, Developer & Pecandu Teknologi Lulus dengan Jurusan Sistem Informasi, Jangan ragu untuk terhubung dengan saya di Media Sosial Instagram: @widyatmokorio :)

Posting Komentar untuk "OOP / JAVA / #1 Pengenalan Java"