Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Sejarah Bahasa Pemograman PHP




Pada awalnya PHP merupakan singkatan Personal Home Page. Sesuai memakai namanya, PHP digunakan untuk membangun website pribadi. Dalam beberapa tahun perkembangannya, PHP berubah menjadi bahasa pemrograman web yang powerful & tidak hanya digunakan untuk membangun laman web sederhana, tetapi juga website populer yang digunakan oleh jutaan orang contohnya wikipedia, wordpress, joomla, dll.

PHP adalah singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor, sebuah kepanjangan rekursif, yakni permainan kata dimana kepanjangannya terdiri dari singkatan itu sendiri: PHP: Hypertext Preprocessor

PHP diciptakan oleh programmer Unix & Perl berdari Kanada yang bernama Rasmus Lerdrorf pada bulan Agustus-September 1994.

Pada awalnya, Tujuan PHP diciptakan untuk memonitor siapa saja yang mengunjungi websitenya. Kemudian dia mengeluarkan Personal Home Page Tools versi 1.0 secara gratis. Versi ini pertama kali keluar pada tahun 1995. Isinya adalah sekumpulan script PERL yang dibuatnya untuk membangun hapage webnya menjadi dinamis. Kemudian pada tahun 1996 dia mengeluarkan PHP versi 2.0 yang kemampuannya telah sanggup mengakses database & sanggup terintegrasi memakai HTML.

Perkembangan selanjutnya adalah Rasmus melepaskan kode berdari tersebut & menamakannya PHP/FI, pada ketika tersebut kepanjangan dari PHP/FI adalah Personal Home Page/Form Interpreter. Dengan pelepasan kode berdari ini menjadi open source, maka banyak programmer yang tertarik untuk ikut membuatkan PHP.

Tahun 1997 Rasmus & pengembang inti PHP contohnya Zeev Suraski & Andi Gutmans mendirikan Zend technologies & menulis ulang interpreter PHP membentuk dasar PHP 3 & merubah akronim dari PHP menjadi Hypertext Preprocessor.

Pada pertengahan tahun 1999 diperkenalkanlah PHP versi 4.0 yang menggunakan script engine Zend untuk mempertinggi penampilan (performance) & mempunyai dukungan yang sangat banyak terhadap perluasan & poly sekali library beserta modul. PHP versi 4.0 ini juga mempunyai keunggulan dibandingkan versi-versi sebelumnya, diantaranya mendukung ke beberapa web server, fasilitas HTTP session, output buffer & sistem keamanan. Pada Tahun 2005 PHP versi 5.0 dirilis, PHP 5.0 sudah mendukung OOP(Object Oriented Programming), beberapa hal baru yang terdapat dalam PHP 5.4 :

1. PHP 5.4 Memperkenalkan method baru, Traits
2. Hadir menggunakan Web-server CLI Sendiri
tiga. Syntax Array yg lebih pendek
4. Dereferensi Array

Selain masih aktif menjadi pengembang PHP, Rasmus Lerdorf pula pernah bekerja pada Yahoo menjadi Arsitek Infrastruktur selama 7 tahun menurut tahun 2002 sampai 2009. Pada tahun 2010, beliau bergabung WePay buat berbagi antarmuka pemrograman pelaksanaan mereka. Sepanjang tahun 2011 beliau merupakan seseorang konsultan keliling buat startups. Pada 22 Februari 2012 beliau mengumumkan pada Twitter bahwa beliau sudah bergabung menggunakan Etsy. Pada bulan Juli, 2013 Rasmus bergabung Jelastic menjadi penasihat senior buat membantu mereka menggunakan penciptaan teknologi baru.

Dan Kabar gembira buat anda yg sedang Belajar PHP, nantinya QuestKomputer akan menaruh file Tutorial mengenai PHP. Mohon pada tunggu ya update Tutorialnya..
Selain sebagai media informasi pemrograman, kami juga berbagi artikel terkait tips trik Android.
Rio Widyatmoko
Rio Widyatmoko Desainer Grafis, Trainer, Developer & Pecandu Teknologi Lulus dengan Jurusan Sistem Informasi, Jangan ragu untuk terhubung dengan saya di Media Sosial Instagram: @widyatmokorio :)

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Sejarah Bahasa Pemograman PHP"