Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komponen Penting Yang Harus Diperhatikan Pada Xampp

Melanjutkan tutorial Database MySQL memakai Xampp. Pada Artikel kali ini akan aku  bahas beberapa istilah krusial yg terdapat dalam Xampp. Setelah sebelumnya telah aku  jelaskan bagaimana cara install xampp dalam personal komputer  anda, kali ini aku  akan jelaskan beberapa kata atau pedoman awal sesudah anda install xampp.

Berikut penjelasannya :
1. Bagusnya Xampp di Install di drive C atau D
Secara default dalam waktu installasi Xampp akan diarahkan ke drive C. Anda bisa mengikuti arahan xampp atau anda bisa membarui installasi ke drive D atau E. lalu terdapat pertanyaan bagusan mana diinstall pada drive C atau D ? berdasarkan aku  semuanya bagus atau semuanya boleh. tetapi aku  seringnya memakai drive D, menggunakan alasan supaya data tidak hilang waktu OS wajib  install ulang. apabila anda menginstall pada Drive C, maka waktu OS anda bermasalah anda data akan hilang atau anda mampu membackupnya terlebih dahulu.



2. Apa itu Htdocs pada Xampp
HTDOCS dalam Xampp merupakan sebuah web root atau folder dasar pada web server. Jadi bila anda ingin menciptakan website atau pelaksanaan memakai web server, maka anda bisa membuat sebuah folder didalam htdocs, contoh : Anda untuk folder menggunakan nama "aplikasiku" maka saat anda mengakses pelaksanaan dalam web server menggunakan alamat : http://localhost/aplikasiku/
bila anda memakai folder menggunakan nama lain seilahkan disesuaikan.
apabila anda menginstall Wamp, maka web rootnya bukan htdocs akan permanen dalam folder www

3. Apa itu file Index
File index adalah sebuah file yang akan di proses pada sebuah directory pada sebuah web server. Sebagai contoh diatas, kita telah membuat folder dengan nama "aplikasiku" pada htdocs. Jika anda menaruh beberapa file video, arsip rar, dokument word dan lain sebagainya. maka anda bisa melihat dengan mengakses localhost/aplikasiku. Namun jika anda tambahkan file index.html atau index.php maka yang akan diakses pertama adalah file index tersebut. Kemudian jika anda mempunyai sebuah hosting saran saya pada setiap folder anda berikan file index hal ini untuk alasan keamanan agar website aman dari hacking oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

4. Apa itu Apache ?
Pada saat anda menginstall Xampp maka secara default Apache sudah terinstall pada aplikasi Xampp. Apache adalah sebuah Web Server, xampp bersifat open source, jadi semua orang dapat menggunakannya secara gratis. Bahkan anda bisa mengedit kode programnya. Fungsi utama dari Apache yakni menghasilkan halaman web. Jika anda ingin membuat sebuah website dan untuk mereviewnya anda bisa melakukan testing di web server local anda, yaitu melalui kerja dari Apache ini.

5. Port Apache dan MySQL
Jika anda sudah menginstall Xampp namun anda tidak bisa menjalankan Apache dan MySQL. Biasanya hal ini dikarenakan Port yang digunakan Apache atau MySQL sudah digunakan oleh program lain. Walaupun port biasanya sudah dibagi-bagi namun ada kalanya sudah digunakan oleh Aplikasi lain yang sudah terinstall terlebih dahulu. Untuk apache sendiri biasanya menggunakan Port 80, 443. Jika sudah digunakan oleh aplikasi lain contoh Aplikasi Skype, maka anda bisa merubah menjadi Port 8080 dan 444. Sedangkan MySQL secara default menggunakan Port : 3306.

6. Apa itu PHP ?
Sebenarnya dalam memberikan tutorial Xampp ini nantinya akan berkaitan dengan Tutorial PHP yang saya berikan pada website QuestKom ini. PHP adalah bahasa pemograman untuk membuat website atau membuat aplikasi berbasis web. Dengan PHP anda dapat membuat halaman web yang dinamis.selain mendukung di sistem operasi Windows, PHP juga dapat di gunakan pada mac OS,Linux,dan sistem operasi yang lainnya.

7. Apa itu MySQL
MySQL merupakan sebuah software sistem manajemen basis data SQL (Database management system) atau DBMS yg multithread, multi-user, menggunakan lebih kurang 6 juta instalasi pada semua dunia. Hampir seluruh Website bergerak maju mengguankan database MySQL. Dan database mysql dalam website QuestKom sangat poly model & poly dipakai pada menciptakan pelaksanaan baik Visual Basic 6.0, VB .NET juga Aplikasi menggunakan PHP
Demikianlah beberapa kata atau komponen krusial yg terdapat pada Xampp. Semoga berguna buat anda, bila terdapat pertanyaan anda mampu berkomentar dibawah.
Rio Widyatmoko
Rio Widyatmoko Desainer Grafis, Trainer, Developer & Pecandu Teknologi Lulus dengan Jurusan Sistem Informasi, Jangan ragu untuk terhubung dengan saya di Media Sosial Instagram: @widyatmokorio :)

Posting Komentar untuk "Komponen Penting Yang Harus Diperhatikan Pada Xampp"