Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar PHP Bagian 1 : Pengenalan PHP

    Selamat datang pada tutorial PHP dasar Belajar PHP Bagian 1 : Pengenalan PHP. Anda yg telah mulai memasuki tutorial dasar php ini kami sarankan buat mempelajari mengenai HTML & CSS dasar terlebih dahulu sebelum masuk untuk belajar PHP. Akan sangat lebih baik apabila bahasa pemrograman di pelajari secara sedikit demi sedikit supaya mengerti berdasarkan dasar & fungsi nya masing-masing. hal ini bisa menyebabkan anda menemukan kesulitan dalam mempelajari pemrograman php apabila HTML & CSS dasar belum anda kuasai. sebagai akibatnya bisa berujung pada anda yg maunya hanya copy dan paste saja.



    Pada kali ini kita akan Belajar PHP Bagian 1 : Pengenalan PHP ini akan pada jelaskan mengenai sosialisasi-sosialisasi berdasarkan bahasa pemrograman PHP. misalnya bagaimana bentuk penulisan syntax PHP, sifat berdasarkan PHP, sktruktur nya & bagaimana cara menjalankan arsip PHP. berikut mengenai sosialisasi dasar bahasa pemrograman PHP.

Pengenalan atau Pengertian PHP

    PHP merupakan singkatan dari Hypertext Prepocessor & merupakan bahasa pemrograman yg dibuat spesifik buat web development atau pengembangan web. PHP mempunyai sifat Server-Side. lantaran PHP dijalankan atau pada eksekusi menurut sisi server. maksud dijalankan berdasarkan sisi server adalah PHP dijalankan dalam personal komputer  server & 
bukan pada personal komputer  client. PHP dijalankan melalui aplikasi web browser sama halnya misalnya HTML. Hampir seluruh situs-situs besar & terkenal dikembangkan memakai PHP. misalnya contohnya wordpress, joomla, facebook, twitter, wikipedia & situs besar lainnya.

    PHP mulai di kembangkan dalam tahun 1995 oleh Rasmus Lerdofr. untuk situs resmi berdasarkan PHP sendiri dapat di akses dalam url http://www.php.net. Setelah anda mempelajari mengenai HTML & CSS dasar pada website kami yaitu questkomputer.com tentu anda sudah bisa mengambil kesimpulan bahwa HTML di pakai buat menciptakan pondasi dalam sebuah website, & CSS di pakai buat men-design page website. maka dalam sub judul tutorial belajar PHP dasar ini anda akan mengenal apa itu PHP & bagaimana fungsinya dalam menciptakan sebuah website yg mempunyai page statis & sebagainya.

Kegunaan atau Fungsi dari PHP

    Apabila di ibaratkan dalam sebuah pondasi bangunan tempat tinggal  untuk gambaran fungsi atau kegunaan PHP, kita bisa menyebut HTML menjadi tiang-tiang pondasi, atap,lantai & dinding. di sini kita belum mengungkapkan mengenai warna, bentuk pintu, luas ruangan. misanya bila pondasi, dinding & struktur bangunan tempat tinggal  sudah di buattentu bangunan tempat tinggal  tadi masih tampak sangat monoton & tidak menarik dipandang mata. oleh lantaran itulah kita memakai CSS untuk menciptakan bentuk & tampilan tempat tinggal  tadi menjadi menarik & enak di pandang mata. nah, dalam contoh kasus bangunan tempat tinggal  ini, pasti anda penasaran PHP di gunakan untuk apa ?
dalam contoh kasus bangunan tempat tinggal  ini PHP di pakai buat menciptakan siapa saja yg bisa masuk ke pada tempat tinggal , siapa yg bisa melihat tempat tinggal , & siapa yg
bisa menyimpan memasukkan atau membuang barang-barang dalam tempat tinggal  tadi. jadi pada dasarnya PHP bermanfaat buat menciptakan aksi dalam tempat tinggal  atau website bila pada contoh nyatanya.

Penulisan Syntax PHP

Untuk penulisan syntax nya, PHP di tandai dengan membuat tag pembuka ( <?php ) dan di akhiri dengan tag penutup ( ?> ). syntax php dapat di sisipkan pada bagian-bagian HTML. kemudian di akhir setiap baris syntax PHP harus di tutup dengan tanda semicolon atau titik koma(;)berikut ini adalah contoh penulisan syntax php yang benar.
<?php
echo "Belajar PHP Bagian #1 di questkomputer.com";
?>

Dapat anda lihat pada contoh penulisan syntax PHP di atas, bahwa pada awal syntax php harus di buka dengan tag pembuka php yang di tandai dengan “<?php”. dan di tutup dengan tag penutup PHP “ ?> ”. dan yang perlu di perhatikan lagi adalah di akhir baris syntax PHP harus di akhiri atau di tutup dengan semicolon atau titik koma (;).

Syntax echo pada contoh di atas memiliki fungsi atau kegunaan sebagai penampil data. adapun output yang di hasilkan pada contoh syntax php di atas adalah tulisan “ Belajar PHP Bagian #1 di questkomputer.com ”.

Bagaimana menjalankan PHP pada Web Server atau Localhost

    Setelah membaca tutorial di atas tentang cara penulisan syntax PHP. selanjutnya akan di jelaskan juga cara menjalankan syntax PHP pada localhost. apa itu localhost ? bisa di lihat pada tutorial belajar PHP dasar selanjutnya. 


Rio Widyatmoko
Rio Widyatmoko Desainer Grafis, Trainer, Developer & Pecandu Teknologi Lulus dengan Jurusan Sistem Informasi, Jangan ragu untuk terhubung dengan saya di Media Sosial Instagram: @widyatmokorio :)

Posting Komentar untuk "Belajar PHP Bagian 1 : Pengenalan PHP"