Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Web Programing/ #1

Pertemuan 1 
Konsep Dasar Web

A. Internet

    Internet adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet (TCP/IP) untuk menghubungkan perangkat di seluruh dunia. Ini adalah jaringan ke jaringan yang terdiri dari jaringan privat, publik, akademik, bisnis dan pemerintah lokal ke lingkup global dihubungkan oleh beragam teknologi elektronik, nirkabel, dan jaringan optik. 
Internet membawa beragam sumber daya dan layanan informasi, seperti dokumen hyperteks yang saling terkaitdan aplikasi World Wide Web (WWW), surat elektronik, telepon dan berbagai berkas. (Wikipedia, 2018).


Beberapa istilah yang sering digunakan dalam ranah internet:
  • World Wide Web (WWW) Merupakan suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengguna global yang disebut pengidentifikasian sumber seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. www merupakan bagain dari internet
  • Website adalah halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berisikan kumpulan informasi berupa data teks, gambar, animasi, audio, video maupun gabungan dari semuanya yang biasanya dibuat untuk personal, organisasi dan perusahaan. Dari pengertian website tersebut dapat dibedakan menjadi 2 yaitu web bersifat statis dan dinamis. Bersifat statis apabila isi informasinya tetap dan isi informasinya hanya dari pemilik website sedangkan web yang bersifat dinamis apabila isi informasinya selalu berubah-ubah dan dapat diubah-ubah oleh pemilik maupun pengguna website. Contoh web statis: website profil perusahaan, sedangkan contoh web dinamis seperti facebook, twitter dll. (indowebsite, 2018).
  • Web Page (Halaman Web) Halaman yang ditampilkan di sebuah website di internet, yang dapat menampilkan teks, gambar, bahkan suara. Halaman ini digunakan untuk menunjukan sebuah halaman website. Web page dapat diibaratkan sebuah halaman dalam buku.
  • Home Page (Halaman Muka) adalah halaman muka atau utama yang ditampilkan dari sebuah website di internet. Jadi halaman ini muncul pertama saat website diakses. Tampilan homepage menggambarkan isi seluruh isi situs tersebut, Biasanya homepage mempunyai nama file index html atau index htm. Agar tampilan homepage lebih menarik, design homepage dirancang dan dilengkapi dengan tampilan-tampilan menarik seperti huruf yang bergerak-gerak, gambar-gambar yang memikat, animasi hingga penggunaan multimedia lainnya.
  • Browser Webrowser adalah suatu program yang digunakan untuk mrnjrlajahi dunia internet atau untu mencari informasi tentang suatu halaman web yang tersimpan di komputer. Kegunaan Webrowser Untuk melacak dan menampilkan sebuah informasi. 2. Untuk berinteraksi dengan server melalui sistem berbasis server. 3. Untuk menampilkan dokumen-dokumen yang tersimpan secara elektonik. 4. Untuk melakukan download dan upload informasi. 5. Untuk melalukan diskusi dengan kelompok atau grup yang mempunyai hobi atau tujuan yang sama. 
  • URL (Universal Resource Locator ) Adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet.
  • HTTP (Hypertext Transfer Protocol) Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia (idcloudhost, 2018)
  • DNS (Domain Name System) DNS adalah singkatan dari Domain Name System yang merupakan sebuah sistem untuk menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.
Fungsi dari DNS 
  1. Melakukan identifikasi alamat komputer dalam suatu jaringan: tiap komputer yang terhubung dengan jaringan internet pasti memiliki alamat IP tersendiri. Dengan adanya DNS, maka jaringan internet kemudian dapat memetakan komputer tersebut sebagai bagian kecil yang terhubung dalam jaringan.
  2. Sebagai penyedia alamat IP bagi tiap host: pada dasarnya, setiap pengembang website membutuhkan sebuah host agar websitenya dapat diakses kalangan umum. Dengan adanya DNS, alamat IP dari tiap host akan dapat teridentifikasi sehingga tiap host akan memiliki alamat IP-nya masing-masing.
  3. Melakukan pendataan server email : Setiap kali server mail bekerja baik untuk menerima atau meneruskan sebuah email, maka data-datanya akan dimonitor oleh DNS.
  4. Mentranskripsikan nama domain menjadi IP address: tiap website di internet memiliki domain tersendiri, seperti .com, .org, .id, dan sebagainya. Melalui browser biasanya yang terlihat adalah alamat sebuah situs dalam bentuk domainnya. DNS dapat menerjemahkan domain menjadi IP address dan sebaliknya. (idwebhost, 2018).
  5. Mempermudah user untuk tidak perlu mengingat alamat IP: Jika tidak ada DNS, maka jaringan tidak akan mampu mengakses alamat yang diketikkan pada web browser. Misalnya saja ketika kita ingin mengakses www.google.com, tanpa adanya DNS, komputer tidak dapat menemukan halaman Google karena alamat IP belum teridentifikasi 
  • TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) Merupakan metode-metode yang digunakan untuk menghubungi server. TCP/IP merupakan bahasa standarisasi untuk internet.
  • Hyperlink adalah suatu cara menghubungkan suatu bagian didalam slide, file, program ataupun halaman web dengan bagian yang lainnya dalam bidang tersebut. Hyperlink biasanya digunakan untuk menunjukan lokasi dari teks ataupun objek yang diperlihatkan atau dipresentasikan. Hyperlink ini bisa menghubungkan beberapa objek, file, dokumen, halaman web dan lain-lain.
  • Web Browser. Pengertian web browser adalah perangkat lunak atau software yang digunakan untuk mencari, mengakses dan menampilkan halaman web, terutama situs-situs website dan konten lain di internet. web browser menerjemahkan halaman situs web yang dikirim menggunakan HTTP/HTTPS (Hypertext Transfer Protocol) ataupun FTP (Protokol Transfer Filie) menjadi konten yang dapat dibaca manusia. Sebagian besar web browser mendukung plugin-plugin eksternal untuk mendukung kinerja web browser seperti plugin untuk mendukung pemutaran video, pemblokiran iklan dll.

B. Perangkat Lunak Web Server

        Web server adalah suatu program komputer yang mempunyai tanggung jawab atau tugas menerima permintaan HTTP dari komputer klien, yang dikenal dengan nama web browser dan melayani mereka dengan menyediakan respon HTTP berupa konten data. (Madcom, 2016). Dari penjelasan tersebut maka kita dapat menyimpulkan bahwa web server adalah software yang berfungsi sebagai pemberi layaan kepada web client (browser) seperti Chrome, Mozilla, Opera,Safari, dan lainya, agar browser tersebut dapat menampilkan halaman website yang diminta.
        Fungsi utama web server adalah sebagai alat untuk memproses berbagai berkas yang diminta oleh klien, lalu memberikan respon dalam bentuk halaman web. Halaman website tersebut terdiri dari teks, gambar, dokumen, video, dan lainlain.


Ada beberapa jenis software untuk membangun web server local atau localhost yang support sistem operasi windows diantaranya adalah Wampserver, Appserv, XAMPP, PHP Triad atau Vertigo. Server web yang terkenal diantaranya: 
1. Apache, web server antar platform: 
    a) Xampp 
    b) Php Triad 
    c) Apache2triad 
2. Internet Information Service (IIS), hanya dapat berjalan di sistem operasi MS Windows.

 


Rio Widyatmoko
Rio Widyatmoko Desainer Grafis, Trainer, Developer & Pecandu Teknologi Lulus dengan Jurusan Sistem Informasi, Jangan ragu untuk terhubung dengan saya di Media Sosial Instagram: @widyatmokorio :)

Posting Komentar untuk "Modul Web Programing/ #1"